6.02.2009

CIRI KHAS CEWEK MASA KINI

Page copy protected against web site content infringement 

by Copyscape
Cewek yang lahir pada era 70-an tentu berbeda dengan cewek yang lahir tahun 90-an. Dari angket yang disebar penulis ke sejumlah cewek didapat hasil kalau ternyata cewek zaman sekarang memiliki ciri khas tersendiri :

 Penampilan penting ! Bahkan, jadi nomor satu. Nggak jarang cewek merogoh kocek yang nggak sedikit untuk memermak bagian tubuh yang dirasa nggak atau kurang oke. Bambang Q Anees dalam bukunya “Awas Ada yang Ngincer Bodimu” bilang kalau tubuh cewek rentan banget buat “ dijajah” oleh para produsen barang yang bikin cewek jadi konsumtif.

 Jomblo ? No Way. Status jomblowati pantang buat disandang. Coba deh, lihat kalangan selebritis muda. Hari ini putus dari A, minggu depan jadian dengan B, eh… seminggu kemudian lengket dengan C. Pacaran digunakan sebagai media untuk penjajakan. Bagi yang serius akan berkelanjutan sampai jenjang pernikahan tapi bagi yang “just for fun” nggak ada muara yang dituju. Coba perhatikan sekitarmu, bukan rahasia, hari ini si A pacaran dengan si B, si C pacaran dengan si D, gak berapa lama, tukar pasangan, si A pacaran dengan si D, sementara si B pacaran dengan si C, ini contoh kecil, yang kasian siapa, ceweknya (emang piala bergilir apa…). Apa nanti menikah juga, pas ga cocok..cerai….cari lagi yang lain…??? (jangan sampai dah…. Naudzubillahi min dzalik... )

 Bebas menentukan busana. Suatu hari sebuah stasiun televisi swasta menyangkan kontes menyanyi antar selebriti. Suatu ketika, seorang cewek selebriti muncul dengan “bustier” brokat ketat warna merah menyala, celana “legging” yang “press body”, dan nggak ketinggalan “high heel 12 cm” menghiasi kakinya. Wah, gimana reaksi cowok ketika menontonnya. Apalagi sang selebriti menampilkan “goyangan maut” yang nggak kalah hebohnya. (perasaan dari tadi seleb melulu yang diomongin, iya…. Karena para cewek sekarang panutannya para seleb)

 Rokok. Sekarang rokok nggak hanya dikonsumsi cowok, Para cewek – demi pergaulan dan gaya hidup – rela untuk memenuhi paru-parunya dengan asap nikotin. Para cewek cenderung memilih rokok dengan “filter” dan kandungan nikotin rendah.

 Bebas bergaul. Pergaulan antara cowok dan cewek nggak jauh beda dengan pergaulan cewek-cewek atau cowok-cowok. Artinya, nggak ada pakem yang mengatur pergaulan antara lawan jenis. Nggak heran kalau angka “premarital intercourse” (hubungan seks sebelum menikah) dan aborsi tinggi. Seperti yang ditulis Iip Wijayanto dalam bukunya “Sex In The Kost” bahwa sekitar 60.000 siswa-siswi SMU sudah pernah melakukan hubungan seks sebelum menikah. Itu baru siswa-siswi, belum Mahasiswa-Mahasiswi.

 Bebas berkarir. Kalau cewek benar-benar paham dengan kodratnya maka ia akan memilih profesi yang ramah dengan kekhasan mereka. Nggak masalah jika suatu saat kita ingin berkarir sampai puncak atau ingin menjadi ibu rumah tangga. Selama kita melakukannya dengan sadar dan bukan karena nggak ada pilihan lain. Tapi ada yang harus kita pertimbangkan yaitu tugas utama kita sebagai seorang perempuan kelak.

 Mobilitas Tinggi. Zaman sekarang identik dengan percepatan informasi sehingga menyebabkan kita harus “mobile”, mempunyai akses untuk “berpindah” dari satu area ke area yang lain. Perpindahan itu nggak hanya secara fisik tapi bisa juga secara pemikiran, hingga sekedar perpindahan suara. Oleh karena itu kebutuhan akan alat komunikasi menjadi semakin penting.

 Konsumtif. Kehadiran media massa yang nggak disertai saringan yang baik akan membuat kita terjebak dalam arus konsumtif yang membabi buta. Berbagai pencitraan tentang tubuh ditayangkan di iklan televisi. Jika sudah begini, kamu yang semula merasa nggak bermasalah dengan tubuh kamu, tiba-tiba merasa kurang putih, kurang tinggi, mata nggak “kinclong”, dan “overweight”. Bahkan didapat data dari tulisan Safrina Noorman yang isinya : 80 % remaja putri Amerika kelas 3 dan 6 tak nyaman dengan tubuhnya, dan 70% pernah melakukan diet dengan alasan memperbaiki penampilan, 20% perempuan Kanada menggunakan pil diet, “mencuci perut”, dan berpuasa dalam usaha mengendalikan berat badan, 50 % di antaranya berumur 9 dan 10 tahun; mengaku jika mereka merasa nyaman ketika sedang melakukan diet, 62 % perempuan Kanada berumur 13 – 19 tahun merasa tidak puas dengan bobot tubuh mereka, meskipun para remaja putri tersebut menikmati tayangan-tayangan televisi, majalah, musik, para muda-mudi itu mengalami efek negatif pada harga diri. Mayoritas dari mereka tidak puas dengan tubuh mereka dan membandingkan diri mereka secara negatif terhadap citra-citra kecantikan yang digambarkan dalam media.

Nah, dari citra tubuh negatif, para produsen barang berusaha untuk memborbardir dengan produk-produk yang konon, bisa memermak kekurangan tubuh kita. Jika sudah begitu, kita para konsumen, akan membeli dengan membabi buta tanpa mempertimbangkan masalah kesehatan atau harga.

Baru-baru ini lagi gencarnya di televisi jargon : “Wajahmu mengalihkan dunia mereka”

referensi : Akhwat vs Cewek (Qonita Salsabila)

Sekarang temen-temen bisa juga membaca artikel di blog ini lewat feed reader temen-temen, temen-temen klik aja disini

3 komentar:

  1. Saya hanya memberikan cerita dari pengalaman dan pengamatan, kalo cewek zaman sekarang bila ditanya memelih memelihara kecantikan wajah atau kecantikan organ intimnya maka jawaban paling banyak dari sekian wanita adalah mending memelihara kecantikan wajah. Padahal nich kecantikan organ intim tu juga penting. Bila seperti itu sama artinya menutupi jati diri sebenarnya dari para lelaki. Itu sama dengan bukan wanita sejati.Seharusnya memelihara kecantikan organ intim secara alami adalah tidak kalah penting dengan kecantikan wajah karena semuanya juga dipersembahkan pada pasangan hidupnya. Salam...

    BalasHapus
  2. syukron putri sudah mau berbagi pengalamannya di blog ini...

    BalasHapus
  3. askum wr.wb.

    mau la bro, dicariin cewek muslimah.

    kn tw sndri, cewe muslimah sedikit sekali didunia ne..

    hhe
    :]

    BalasHapus

terima kasih sudah mengunjungi halaman ini, semoga dapat bermanfa'at....jika teman-teman ingin belajar untuk menulis dan menerbitkan buku sendiri teman-teman bisa mendapatkan panduannya dari seorang penulis buku best seller dan pemilik mujahid press, silakan klik disini